Sukses

Kopi Pagi: Pertaruhan Martabat Saipul Jamil

Kasus pencabulan yang menjerat Saipul Jamil membuat citra agamis yang kerap dimunculkan rontok.

Liputan6.com, Jakarta - Kasus dugaan pencabulan terhadap lelaki di bawah umur yang dilakukan artis Saipul Jamil mengejutkan banyak orang. Citra agamis yang kerap dimunculkan Saipul pun rontok.

Di tengah upayanya keluar dari lubang jeratan hukum, muncul korban lain yang mengaku pernah pula dicabuli Saipul.

Ada apa dengan dunia selebritas Tanah Air? Belum hilang ingatan kasus serupa yang membelit artis Indra Bekti, perkara Saipul kian menambah deret bahwa ada gejala tak sehat di kalangan artis.

Kini Saipul Jamil berubah pikiran. Lewat kuasa hukumnya, dia membantah telah mencabuli seorang lelaki di bawah umur yakni DS.

Bantahan itu adalah ralatan pengakuan Saipul sebelumnya, yang tertuang dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) polisi.

Versi Ipul, yang terjadi bukanlah pencabulan. Sebab, niat Saipul membangunkan DS adalah untuk mengajaknya Salat Subuh.

DS yang baru dikenal Ipul dan merupakan penggemar itu, diajak ke rumah Saipul di kawasan Kelapa Gading seusai acara di stasiun televisi.

Saat itu, DS mengaku Saipul minta dipijat. Namun, berbeda dengan pengakuan DS yang mengaku usai pemijatan itu dirinya tertidur dan dicabuli, Saipul justru kini mengelak. DS menurut kuasa hukum Saipul, tak dicabuli tapi dibangunkan untuk beribadah.

Kini, masyarakat pun terperanjat atas kasus yang menjerat Saipul.

Polisi memang mempersilakan Saipul meralat pengakuan di awal pemeriksaan, sebab hal itu memang diperbolehkan. Polisi siap bertarung di pengadilan.

Tapi, belum selesai upaya meloloskan diri dari jeratan hukum, Saipul dikejutkan dengan munculnya sosok lain yang juga mengaku menjadi korban pencabulan, bahkan kekerasan.

Sebagian masyarakat pun terperangah karena ternyata, figur yang mereka idolakan menyimpan perilaku negatif yang tak sehat.

Saipul Jamil atau Indra Bekti boleh saja berdalih tak berbuat cabul. Tapi citra yang terlanjur koyak telah merisaukan masyarakat, karena fenomena Lesbian Gay Biseksual dan Transgender atau LGBT seolah menjadi nyata dan sosoknya hilir mudik di layar kaca.

Saksikan drama kasus Saipul Jamil dalam rangkuman Kopi Pagi (Komentar Pilihan Liputan 6 Pagi) selengkapnya yang ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Minggu (28/2/2016), berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.