Sukses

VIDEO: Kalijodo Dibongkar, Eks Penghuni Datang Menonton

Mereka sengaja datang melihat tempat mereka selama ini tinggal untuk terakhir kalinya.

Liputan6.com, Jakarta - Satu per-satu bangunan di kawasan Kalijodo dihancurkan menggunakan alat berat. Proses penghancuran ratusan bangunan itu dilakukan serentak di 5 titik di Jakarta Utara dan Jakarta Barat.

Seluruh bangunan ditargetkan selesai dibongkar hari ini. Ribuan personel gabungan Satpol PP, Polri dan TNI diterjunkan untuk mengamankan pembongkaran.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Senin (29/2/2016), sejumlah warga yang semula berniat mempertahankan bangunan milik mereka, akhirnya memilih hengkang dan memindahkan barang-barang ke lokasi yang aman. Mereka melawan dengan mengajukan gugatan ke Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

Penertiban kawasan Kalijodo itu menarik perhatian ribuan warga yang menyaksikan dari kejauhan. Banyak warga Kalijodo yang sengaja datang melihat tempat mereka selama ini tinggal untuk terakhir kalinya.

Nantinya, bekas lokalisasi Kalijodo seluas 1,5 hektare itu akan dijadikan taman interaktif. Wilayah di pinggir Kali Angke itu juga akan dibuatkan objek wisata, seperti wisata kuliner dan tempat bermain anak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.