Sukses

VIDEO: Mitos Tahun Kabisat Bawa Sial di Berbagai Belahan Dunia

Mitos Kabisat yang dianggap membawa sial juga menjadi inspirasi kisah beberapa film layar lebar.

Liputan6.com, Jakarta - 29 Februari 2016 adalah hari yang langka, hari Kabisat ini penggenapan 1/4 hari kelebihan orbit bumi mengelilingi matahari selama empat tahun. Hanya di tahun Kabisat saja jumlah hari dalam setahun 366.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Senin (29/2/2016), mitos leapyear atau tahun lompat berbeda di berbagai belahan dunia.

Di Rusia, tahun Kabisat dipercaya membawa cuaca buruk dan gagal bercocok tanam. Bahkan di Yunani, pasangan menolak menikah di tahun kabisat karena membawa nasib buruk. Begitupun di Italia, ada peribahasa anno bisesto anno funesto, yang artinya tahun kabisat tahun sial.

Mitos Kabisat yang dianggap membawa sial juga menjadi inspirasi kisah beberapa film layar lebar. Seperti di Malaysia, film stereoskopik tiga dimensi pertama berjudul '29 Februari' berkisah tentang Budi yang lahir di tanggal 29 Februari, kutukan membuatnya hanya bertambah umur satu tahun setiap empat tahun sekali.

Di usia 45 tahun, budi masih belia layaknya remaja. Kutukan Kabisat menjadi dilema bagi Budi karena kehilangan orang-orang yang dicintainya.

Berbeda dengan Malaysia, di Korea Selatan, 29 Februari diangkat ke layar lebar sebagai film horor. Berkisah tentang Ji Yeon, gadis penjaga gerbang tol yang menyaksikan pembunuhan aneh setiap empat tahun sekali tepat di tanggal 29 Februari. Film ini dinobatkan sebagai film horor unik di Korea Selatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.