Sukses

VIDEO: Benteng Marlborough Jadi Ajang Wisata Gerhana Matahari

Lokasi Benteng Marlborough dipilih karena letak dan karakternya cukup strategis untuk menyaksikan gerhana matahari total.

Liputan6.com, Bengkulu - Bengkulu yang diperkirakan menjadi salah satu titik awal daerah yang dilintasi gerhana matahari total memusatkan wisata gerhana di benteng peninggalan Inggris, Benteng Marlborough. Perhitungannya, gerhana terjadi pukul 06.00 lewat 19 detik WIB.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Kamis (3/3/2016), selain memiliki nilai historis, lokasi Benteng Marlborough dipilih karena letak dan karakternya cukup strategis untuk menyaksikan gerhana matahari total.

Dilokasi ini nantinya juga akan digelar berbagai kegiatan mulai dari sholat gerhana, festival budaya, hingga pameran fotografi.

Benteng Marlborough yang di bangun saat penjajahan Inggris pada tahun 1714 sampai 1741, di sebelah baratnya bisa melihat langsung Samudra Hindia, gerhana matahari total di Bengkulu diperhitungkan lebih cepat 1 detik dibanding di Sumatera Selatan dan 2 detik lebih cepat dari Bangka-Belitung.

 

Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV, dan Indosiar mulai pukul 06.00-09.00 WIB. Klik di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.