Sukses

VIDEO: Cara Memilih Kacamata Gerhana yang Asli atau Palsu

Jika kacamata asli maka penggunanya tidak bisa melihat objek lain selain matahari.

Liputan6.com, Jakarta - Kacamata gerhana matahari total adalah salah satu yang harus dipersiapkan saat akan menyaksikan gerhana matahari total, Rabu 9 Maret 2016

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Selasa (8/3/2016), untuk mendapatkan kacamata gerhana, sejumlah toko online juga menawarkannya dengan beragam harga mulai dari harga Rp 30 ribu sampai Rp 65 ribu. Tergantung pada jenisnya.

Jika Anda ingin mendapatkannya secara gratis, datang saja ke Planetarium di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat. Pengelola Planetarium menyiapkan 8 teleskop dan 600 kacamata gerhana matahari untuk pengunjung pertama.

Tapi hati-hati, tidak semua kacamata gerhana aman digunakan untuk mengamati gerhana matahari total. Perhatikan apakah kacamata asli atau palsu.

Jika kacamata asli, maka penggunanya tidak bisa melihat objek lain selain matahari, sedangkan kacamata palsu masih bisa melihat objek lain. Kacamata asli yang memiliki lapisan filter yang jauh lebih tebal dan aman.

 

*** Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar pukul 06.00-09.00 WIB. Klik di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.