Sukses

Destinasi: Berlabuh di Pulau Samalona

Kekayaan alam pantainya membuat hasil lautnya tak kalah beragam.

Liputan6.com, Makassar - Pulau Samalona diprediksi terancam hilang pada 2020. Nah, sebelum pulau ini hilang, sebaiknya kita ke Samalona di Makassar, Sulawesi Selatan untuk menikmati keindahannya, terutama keberagaman dalam lautnya.

Pulau ini juga menyajikan banyak variasi wisata kuliner. Salah satunya adalah ikan bakar.

Seperti ditayangkan Destinasi Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (2/4/2016), menuju Pulau Samalona, pertama-tama mari pergi ke dermaga penyebrangan Kayu Bangkoa yang letaknya tak jauh dari Pantai Losari.

Jika sudah sampai di dermaga, perahu motor siap membawa wisatawan ke Pulau Samalona. Siapkan uang sewa perahu pulang dan pergi sebanyak Rp 500 ribu. Bagi Anda yang memiliki budget terbatas, tak perlu khawatir. Ada jadwal penyebrangan perahu motor untuk sampai ke Samalona.

Hanya butuh 15 menit perjalanan. Pulau kecil berpasir putih sudah menanti di depan mata.

Saat ini, Pulau Samalona dihuni oleh 17 kepala keluarga. Rumah panggung sederhana ini juga disewakan bagi para turis yang ingin bermalam.

Selain mencari keuntungan dari peluang wisata, penduduk di Pulau Samalona menggantungkan hidup mereka dari hasil laut. Kekayaan alam pantainya membuat hasil lautnya tak kalah beragam.

Puas mencuci mata, kini saatnya mengisi perut. Pastikan Anda mencicipi berbagai olahan seafood segar di sini. Ikan-ikan yang baru ditangkap pagi hari segera berjajar rapi di panggangan.

Meski hanya dioles bumbu bawang putih, bawang merah dan garam, aromanya sangat menggoda.

Jangan berhenti di situ. Mengunjungi Samalona tanpa menikmati keindahan bawah lautnya seperti makan sayur tanpa garam.

Samalona merupakan salah satu surga bagi penyelam. Dunia bawah laut Samalona menawarkan ragam jenis terumbu karang dan spesies ikan.

Untuk yang baru pertama kali mengunjungi Samalona, tidak perlu khawatir karena bisa menyewa jasa pemandu untuk menemukan titik bawah laut tercantik di pulau ini.

Baik diving atau snorkeling lebih baik dilakukan pada pagi hari karena arus yang lebih tenang dan jarak pandang yang lebih jelas.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.