Sukses

VIDEO: Jembatan Merah Putih Berdiri Megah Melintasi Teluk Ambon

Warga Ambon, Maluku yang menyambut berdirinya Jembatan Merah Putih yang melintasi Teluk Ambon.

Liputan6.com, Ambon - Menikmati panorama Teluk Ambon di malam hari hanya sebagian luapan kegembiraan warga Ambon, Maluku yang menyambut berdirinya Jembatan Merah Putih yang melintasi Teluk Ambon.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (5/4/2016), ungkapan kebahagiaan pun juga diluapkan di dunia maya. Bahkan Jembatan Merah Putih sempat menjadi salah satu topik terpopuler di jejaring sosial Twitter. 

Adalah Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bersama Gubernur Maluku meresmikan Jembatan Merah Putih di Teluk Ambon pada Senin sore 4 April 2016.

Bagi warga setempat pembangunan itu menjadi momen bersejarah yang tak akan pernah dilupakan sekaligus menjadi catatan penting pembangunan di Indonesia.

Jembatan Merah Putih ini mulai dibangun sejak tahun 2011 era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY. Sempat terhenti pembangunannya karena gempa, jembatan ini akhirnya rampung dan menjadi jembatan terpanjang di Indonesia Timur dengan panjang 1.140 meter.

Jembatan ini terbagi 3 bagian yaitu jembatan pendekat di sisi Desa Poka dengan panjang 520 meter, jembatan pendekat di sisi Desa Galala dengan panjang 320 meter, dan jembatan utama dengan panjang 300 meter.

Dengan beroperasinya jembatan ini, masyarakat kini tidak perlu lagi menggunakan kapal feri untuk menuju sisi teluk Ambon. Tak hanya menghubungkan kawasan yang terpisah Teluk Ambon, Jembatan Merah Putih juga diyakini akan menjadi ikon pariwisata baru di Kota Ambon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.