Sukses

VIDEO: Rekaman Latihan Militer ala Kelompok Santoso Beredar

Dalam video terlihat kelompok Santoso tengah berlatih flying fox.

Liputan6.com, Poso - Setelah foto sejumlah wanita bercadar dengan senjata yang diduga istri Teroris Santoso dan kawanannya beredar, kini giliran video latihan militer ala kelompok Santoso yang menghebohkan masyarakat.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Rabu (6/4/2016), dalam video tersebut terlihat kelompok Santoso tengah berlatih flying fox yang biasa ditemukan di sejumlah lokasi wisata. Ini adalah salah satu latihan militer yang dilakukan kelompok tersebut.

Bentuk latihan lain, di antaranya merayap di atas seutas tali dan berguling di atas bambu, seolah menunjukkan cara untuk menghadapi situasi sulit di medan pertempuran.

Sebelumnya sejumlah video amatir yang diduga kuat kelompok teroris Santoso, beredar di Poso, Sulawesi Tengah. Video itu menggambarkan kelompok Santoso yang mengalami kesulitan makanan sejak September 2015.

Selain video kelompok Santoso yang tengah memakan anoa, sebuah foto sejumlah wanita yang tengah memegang senjata beredar.

Foto-foto perempuan bercadar itu diduga merupakan istri dari Santoso, yakni Basri dan Ali Kalora. Mereka diduga mengikuti sang suami dalam pelarian di tengah Pegunungan Napu di Poso, Sulawesi Tengah.

Dalam foto itu terlihat mereka berpose dengan menenteng senjata laras panjang. Mereka diajari Santoso menembak dengan senjata panjang milik kawanan Santoso.

Rekaman video dan foto-foto itu didapat dari ponsel yang disita dari tangan Dodo alias Ponda, calon menantu Santoso, yang dilumpuhkan aparat pada akhir Februari lalu.

Sejauh ini, aparat belum dapat memastikan di mana lokasi latihan itu. Apakah masih bersembunyi di wilayah Gunung Biru atau di tengah pelariannya seperti yang terdeteksi di Pegunungan Napu, saat ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.