Sukses

VIDEO: Rekaman Latihan Militer ala Santoso dari Calon Menantu

Video ini ditemukan aparat di ponsel milik Dodo alias Ponda, calon menantu Santoso.

Liputan6.com, Poso - Video latihan militer yang dilakukan kelompok teroris Santoso beredar. Video ini ditemukan aparat di ponsel milik Dodo alias Ponda, calon menantu Santoso.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Rabu (6/4/2016), bentuk latihan di antaranya merayap di atas seutas tali dan berguling di atas bambu.

Sebelumnya, sejumlah video amatir yang diduga kuat merekam aktivitas kelompok teroris Santoso, beredar di Poso, Sulawesi Tengah. Video itu menggambarkan kelompok Santoso kesulitan makanan sejak September tahun lalu, hingga memakan hewan anoa dan kuskus.

Foto sejumlah wanita yang diduga merupakan istri Santoso dan kawanannya juga beredar. Foto-foto perempuan bercadar ini diduga merupakan istri Santoso yang bernama Basri dan Ali Kalora, yang ikut suami mereka dalam pelarian di tengah pegunungan Napu di Poso, Sulawesi Tengah.

Dalam foto itu terlihat mereka berpose dengan menenteng senjata laras panjang. Mereka diajari menembak oleh Santoso.

Rekaman video dan foto-foto itu didapat dari ponsel yang disita dari tangan Dodo yang dilumpuhkan aparat pada akhir Februari lalu.

Sejauh ini aparat belum dapat memastikan di mana lokasi latihan itu. Apakah masih bersembunyi di wilayah Gunung Biru atau seperti yang terdeteksi di pegunungan Napu, saat ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.