Sukses

VIDEO: Abu Sayyaf Bebaskan Sandera Eks Misionaris Asal Italia

Rolanda De Torchio, mantan misionaris Italia, ditemukan tentara dan polisi di atas sebuah kapal di Pelabuhan Jolo, Provinsi Sulu.

Liputan6.com, Mindanao - Rolanda De Torchio, mantan misionaris Italia, ditemukan tentara dan polisi di atas sebuah kapal di Pelabuhan Jolo, Provinsi Sulu, Jumat 8 April 2016 lalu. Tak jelas bagaimana ia bisa berada di kapal itu.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Minggu (10/4/2016), Del Torchio pensiun dari misi Katolik Roma beberapa tahun lalu. Ia kemudian memulai usaha restoran piza di Kota Dipolog.

Oktober 2015 lalu ia diculik dari restorannya oleh 6 orang bersenjata yang diduga kuat anggota Abu Sayyaf. Ia lalu disandera sekitar 6 bulan hingga ditemukan Jumat kemarin. Saat ini, Rolando De Torchio dirawat di sebuah rumah sakit militer di Zamboanga. 

"Laporan yang diberikan pada kami adalah ia ditemukan di kapal laut Beatrice oleh pasukan kami, Pasukan Anti Penculikan (AKG). Merekalah yang membawanya ke Pusat Trauma KHTV, sebuah RS trauma, untuk menjalani pemeriksaan medis," ujar Mayor Filemon Tan, Jubir Militer Mindanao Barat.

Sementara itu, di Desa Baguindano, Tipo Tipo, Pulau Basilan, Filipina Selatan dilaporkan pecah baku tembak antara tentara dan kelompok Abu Sayyaf. Baku tembak ini menewaskan 18 tentara 5 anggota Abu Sayyaf, sedangkan korban luka 53 tentara lainnya dan 20 anggota Abu Sayyaf.

Belum diketahui apakah pertempuran itu terkait dengan upaya pembebasan 10 warga Indonesia yang kini disandera Abu Sayyaf.

Sebelumnya, 10 WNI disandera setelah kapal batubara yang mereka awaki dibajak Abu Sayyaf. Saat itu mereka sedang melintas di perbatasan Malaysia-Filipina.

Saat ini kelompok Abu Sayyaf diperkirakan mimiliki 400 anggota. Kelompok ini kerap melakukan penculikan untuk mendapatkan tebusan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.