Sukses

VIDEO: Penampakan Saat Lapas Banceuy Dibakar Napi

Kerusuhan diduga akibat seorang napi ditemukan tewas gantung diri.

Liputan6.com, Bandung - Api dengan cepat melahap bangunan lembaga pemasyarakatan (lapas) khusus narapidana Banceuy, di Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung. Dalam sekejap, dua bangunan di kompleks lapas itu ludes terbakar. Tak hanya itu, dua mobil termasuk satu ambulans dan sejumlah sepeda motor ikut hangus.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (23/4/2016), kebakaran terjadi akibat ratusan narapidana yang mengamuk pagi tadi.

Pada pukul 08.00 WIB, petugas mulai membuka sel napi. Seketika ratusan napi langsung menyerang petugas lapas. Kerusuhan pun terjadi.

Situasi makin tak terkendali dalam 15 menit. Para napi yang marah mulai membakar lapas. 

Jelang pukul 09.00 WIB ratusan personel brimob Polda Jawa Barat dikerahkan dan berhasil mengamankan situasi. Sementara api baru bisa dikuasai 1 jam kemudian.

Kerusuhan terjadi dipicu oleh tewasnya salah satu warga binaan, semalam. Sebelumnya, warga binaan yang ditemukan tewas gantung diri dipisahkan ke sel khusus karena diduga bertransaksi narkoba. Para napi menduga korban tewas akibat dibunuh.

Sementara itu, kerusuhan dalam lapas bukan kali pertama terjadi. Akhir Maret lalu Rutan Malabero di Bengkulu juga rusuh, akibat para napi berusaha menghalangi petugas BNN yang hendak meringkus rekan mereka.

Rutan Malabero dirusak dan dibakar. Akibat kerusuhan itu, lima napi tewas terbakar, sementara 17 napi ditetapkan sebagai tersangka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.