Sukses

VIDEO: Hardiknas, Menteri Anies Beri Penghargaan 150 PNS

Ahok mengharapkan dengan cara ini bisa meningkatkan mutu pendidikan para pelajar DKI Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dirayakan di Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jalan Sudirman, Jakarta. 

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Senin (2/5/2016), para peserta mengenakan pakaian adat, tak terkecuali pemimpin upacara, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan.

Dalam pidatonya, Anies mengaku masih banyak pekerjaan rumah pendidikan yang harus dibenahi di negeri ini.

"Tema pendidikan tahun ini adalah nyalakan pelita, terangkan cita-cita. Artinya kita ingin pendidikan benar-benar bisa menyalakan cahaya bagi setiap anak Indonesia," ungkap Anies Baswedan. 

Anies memberikan penghargaan Satya Lancana Karya Satya untuk 150 pegawai negeri sipil (PNS) yang telah mengabdi selama 10, 20, dan 30 tahun lebih pada dunia pendidikan.

Berbeda dengan Menteri Anies, Gubernur Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang memimpin upacara Hari Pendidikan di Monas memilih memberikan Rp 18 juta bagi para siswa yang memiliki Kartu Jakarta Pintar yang lolos ke Perguruan Tinggi Negeri. 

"Yang bisa masuk Perguruan Tinggi Negeri maka kami akan peningkatan mutu Rp 18 juta per anak per tahun. Kalau yang masuk swasta, kita minta perguruan tinggi swasta yang baik memberikan beasiswa pada mereka. Kalau yang ini bisa lulus masuk dan dapat beasiswa, kami akan memberikan bantuan Rp 18 juta," kata Ahok.

Ahok mengharapkan dengan cara ini bisa meningkatkan mutu pendidikan para pelajar DKI Jakarta. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.