Sukses

VIDEO: Harga Daging Sapi di Palembang Tembus Rp 140 Ribu per Kg

Sudah dua hari ini nyaris tidak ada pasokan daging sapi di pasar tradisional di Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Liputan6.com, Palembang - Sudah dua hari ini nyaris tidak ada pasokan daging sapi di pasar tradisional di Kota Palembang, Sumatera Selatan. Hal ini karena agen sapi dan rumah potong hewan di Gandus, Palembang, tidak memotong sapi tanpa alasan. Akibatnya, sebagian besar pedagang daging tidak berjualan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (7/6/2016), harga daging sapi di Kota Palembang saat ini sangat tinggi, mencapai Rp 140 ribu. Sementara stok daging ayam cukup banyak dan harganya relatif murah, Rp 30 ribu per kilogram.  

Berbeda dengan di Subang, Jawa Barat, harga daging ayam justru masih tinggi mencapai Rp 40 ribu per kilogram. Kenaikan terjadi sejak awal Ramadan.

Sementara langkanya stok daging sapi membuat banyak pedagang daging sapi yang memilih tutup. Harga daging sapi di pasar tradisional Subang masih di kisaran Rp 120 ribu per kilogram.

Untuk menurunkan harga daging sapi hingga Rp 80 ribu per kilogram, menurut Menteri Pertanian Amran Sulaiman, pemerintah akan terus melakukan operasi pasar.

Amran menambahkan, di pasaran saat ini sudah ada daging dengan harga Rp 75 ribu, Rp 80 ribu dan Rp 85 ribu. Dengan harga tersebut pengusaha sudah mendapat untung sekitar Rp 5 ribu per kilogram.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.