Sukses

VIDEO: Temuan Ayam Suntik dan Daging Sapi Gelonggongan

Saat daging ayam diangkat, terungkap kandungan airnya juga terlalu banyak.

Liputan6.com, Klaten - Hati-hati dan telitilah saat membeli daging, karena ada sebagian pedagang yang curang. Di Klaten, Jawa Tengah misalnya, ditemukan daging ayam suntikan dan daging sapi kualitas rendah yang diduga semi gelonggongan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Kamis (9/6/2016), sejumlah petugas Dinas Pertanian Klaten, Kamis pagi mendatangi Pasar Klaten. Dengan PH meter, mereka mengukur tingkat keasaman daging sapi. 

Hasilnya, kebanyakan daging, kandungan airnya terlalu banyak. Sedangkan pada daging ayam, petugas menemukan bekas suntikan di bagian dada ayam. Saat daging ayam diangkat, terungkap kandungan airnya juga terlalu banyak.

Sementara itu, untuk mencegah beredarnya daging sapi mutu rendah seperti gelonggongan serta daging ayam tiren, Dinas Kelautan Perikanan dan Pertanian Kabupaten Tegal memeriksa sejumlah pasar tradisional, yaitu Pasar Trayeman, Banjaran, dan Pepedan.

Benar saja, petugas mendapati daging dan hati sapi yang kurang bagus karena terlalu lama disimpan di lemari pembeku.

Sebagian pedagang daging ternyata tega memanfaatkan tingginya harga saat ini untuk mencurangi pembeli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.