Sukses

VIDEO: Petugas Temukan Banyak Makanan Tanpa Tanggal Kedaluwarsa

Petugas juga mendapati produk makanan tanpa tanda izin dan tanda produksi serta kedaluwarsa.

Liputan6.com, Nganjuk - Razia makanan dan minuman yang digelar di sejumlah daerah menemukan banyak makanan yang berbahaya bagi kesehatan. Pelanggaran yang ditemukan mulai dari tak berizin, masa berlaku habis, isi kemasan rusak, makanan berjamur, hingga berkutu.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Selasa (14/6/2016), razia gabungan makanan dan minuman di sejumlah toko dan supermarket di Nganjuk, Jawa Timur, menemukan puluhan kemasan minuman yang sudah rusak.  

Bukan hanya itu, petugas juga mendapati produk makanan tanpa tanda izin dan tanda produksi serta kedaluwarsa. Petugas juga menemukan beras yang banyak berisi kutu dan semut, serta roti yang sudah berjamur.

Meski ditemukan pelanggaran, polisi hanya memberikan teguran secara lisan agar tidak menjual produk jenis tersebut.

Sementara, di Medan, Sumatera Utara, razia yang dilakukan BPOM menemukan makanan mengandung boraksyang dijual di pusat jajanan musiman Ramadan. Bakso yang mengandung boraks disita petugas dan penjualnya diberikan peringatan agar tidak dikonsumsi masyarakat.

Razia makanan minuman akan terus dilakukan sepanjang Ramadan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.