Sukses

VIDEO: Pabrik Bakso Boraks di Bogor Produksi 1,5 Ton per Hari

Bakso dijual di wilayah Jabodetabek dengan omzet sekitar Rp 150 juta per hari.

Liputan6.com, Kabupaten Bogor - Setelah digerebek, pabrik bakso yang diduga menggunakan zat pewarna kimia dan tawas kini tak beroperasi. Sebelumnya Mabes Polri menggerebek sebuah pabrik pengolahan bakso di Parakan, Desa Kemang, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (18/6/2016), pabrik itu memiliki 140 karyawan dengan memproduksi bakso sebanyak 1,5 ton per hari. Bakso dijual di wilayah Jabodetabek dengan omzet sekitar Rp 150 juta per hari.

Bakso di pabrik itu direndam cairan tawas dan dicampur dengan zat pewarna buatan yang sangat berbahaya. Jika dikonsumsi akan mengakibatkan kerusakan pada fungsi hati.

Saat ini sang pemilik pabrik bakso berinisial H ditahan polisi. Sementara para tersangka akan dikenakan Pasal 135 dan 140 Undang-Undang Pangan dengan ancaman hukuman minimal 2 tahun penjara dan denda maksimal Rp 4 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.