Sukses

VIDEO: Masjid Nabawi Jadi Salah Satu Tujuan Ibadah di Madinah

Selain berziarah ke makam rasul, jemaah haji juga berkesempatan melakukan ibadah sunnah salat arbain.

Liputan6.com, Madinah - Jemaah haji Indonesia akan berkesempatan untuk menyambangi kota Madinah, sebelum atau seusai melaksanakan ibadah haji. Para jemaah haji akan memanfaatkan amalan salat arbain, di masjid Nabawi, Madinah.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Kamis (18/8/2016), melaksanakan haji di bulan Syawal, keadaannya tidak seramai di bulan lain. Rombongan haji asal Indonesia mengawali kegiatan di Madinah yang dibimbing oleh Mutowif atau pemandu ibadah umroh dan haji. Masjid Nabawi menjadi tujuan utama di kota Madinah.

Selain berziarah ke makam rasul, jemaah haji juga berkesempatan melakukan ibadah sunnah salat arbain. 

Arbain atau Arbaun dalam bahasa Arab berarti empat puluh. Hadis tentang salat arbain ini dikemukakan dalam riwayat HR Ahmad dan Thabrani, yang menegaskan ibadah salat berjamaah selama 40 waktu salat akan diselamatkan dari siksa api neraka.

Melaksanakan salat arbain di Masjid Nabawi merupakan rangkaian amalan ibadah yang mulia. Namun bukan berarti salat arbain adalah syarat atau rukun haji.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.