Sukses

VIDEO: Tips Beribadah di Masjidil Haram Saat Musim Haji

Kerap terjadi jemaah haji tidak memperhatikan dari pintu nomer berapa ia masuk sehingga kemudian tersesat

Liputan6.com, Madinah - Masjidil Haram di kota Mekah adalah masjid yang besar. Di tempat ini, banyak jemaah tersesat karena lupa dari pintu mana ketika memasuki masjid. 

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Jumat (19/8/2016), di bagian tengah Masjidil terdapat Kakbah, pusat kiblat umat muslim. Dengan luas total sekitar 600 ribu meter persegi, Masjidil Haram memiliki 5 pintu utama dan ratusan pintu masuk yang lebih kecil di sekelilingnya.

Saat ini Masjidil Haram dalam proses pengembangan tahap ketiga. Di beberapa tempat masih terlihat bagian masjid yang dibangun.

Pengembangan dan pembangunan Masjidil Haram direncanakan selesai pada 2020 untuk menampung lebih dari 2 juta muslim.

Padat dan luasnya wilayah Masjidil Haram harus menjadi perhatian jemaah haji. Karena di musim haji, jutaan umat muslim akan berkumpul untuk salat serta melakukan tawaf dan sai. Akibatnya kerap terjadi jemaah haji tidak memperhatikan dari pintu nomor berapa ia masuk sehingga kemudian tersesat.

Mengingat dari pintu mana masuk serta menandai arah dengan memperhatikan gedung-gedung tinggi jadi solusi agar tidak tersesat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.