Sukses

VIDEO: 10 Imigran Ilegal Asal Somalia Ditangkap Petugas Imigrasi

Mereka ditangkap keamanan sektor kawasan Pelabuhan Bakauheni Lampung, karena tak memiliki visa masuk ke Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Masalah imigran asing yang masuk ke Indonesia membuat masalah di sejumlah daerah. Di Lampung, imigran Afganistan tertangkap menjadi gigolo. Imigrasi Lampung juga menangkap imigran ilegal asal Somalia. 

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Kamis (8/9/2016), kantor Imigrasi Batam Kepulauan Riau menangkap 10 pria pengungsi dan pencari suaka asal Afganistan yang berusia 15 hingga 37 tahun, dari tempat penampungan mereka di sebuah hotel di Kota Batam. Mereka diketahui dipekerjakan seorang muncikari warga negara Indonesia sebagai gigolo.

Mereka juga menggunakan media sosial untuk berhubungan dengan perempuan paruh baya sebagai konsumen. Warga sekitar tempat penampungan imigran asal Afganistan mengaku sudah lama resah, karena tak ada pengawasan ketat dari pemerintah dan aparat keamanan setempat.

Selain itu, kantor imigrasi Kalianda Lampung Selatan, Lampung, menahan 10 imigran ilegal asal Somalia. Mereka ditangkap keamanan sektor kawasan Pelabuhan Bakauheni Lampung karena tak memiliki visa masuk ke Indonesia meski memegang paspor resmi Somalia.

Salah satu imigran ilegal asal Somalia mengaku masuk ke Indonesia secara ilegal melalui Malaysia dengan tujuan Jakarta, untuk menghubungi organisasi internasional untuk migrasi (IOM) dan akan mencoba mencari suaka ke Kanada atau Amerika Serikat.

Para imigran ini tidak melewati tempat pemeriksaan Imigrasi Malaysia. Mereka sengaja menggunakan jalur laut menggunakan kapal ke Provinsi Medan, Sumatera Utara, sebelum kemudian tertangkap.

Rencananya, imigran ilegal Somalia ini akan dikirim ke penampungan imigrasi Bandar Lampung untuk diproses lebih lanjut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.