Sukses

Sosok Minggu Ini: Perjuangan Dian Membina Napi Anak Lapas Klaten

Bagi Dian, penjara bukanlah tempat menakutkan melainkan tempat bermain sekaligus berbagi.

Liputan6.com, Klaten - Penjara bagi sebagian orang adalah tempat menakutkan, tetapi tidak bagi Dian Sasmita, Ibu rumah tangga ini justru hobi keluar masuk penjara. Tujuannya satu, mengajarkan beragam ketrampilan kepada para narapidana anak agar mereka bisa kembali hidup normal setelah bebas dari penjara.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (13/11/2016), main ke penjara adalah aktivitas yang disukai Dian Sasmita, pendiri Sahabat Kapas. Bagi Dian, penjara bukanlah tempat menakutkan melainkan tempat bermain sekaligus berbagi.

Di Lembaga Pemasyarakatan Anak di Klaten, Jawa Tengah, sejumlah narapidana anak sudah menunggu. Belajar bahasa Inggris, membaca puisi, melukis, membuat film hingga membuat kaos menjadi aktivitas para narapidana anak ini. Termasuk program pengembangan diri untuk menggali potensi.

Sahabat Kapas juga rutin memberi konseling dibantu 14 relawan dari berbagai universitas di kota Solo dan sekitarnya. Sahabat Kapas berdiri 7 tahun lalu karena keprihatinan Dian.

Sesekali, Dian masih menyempatkan bertemu dengan anak asuhnya yang kini telah mandiri selepas dari penjara. Dian berharap, tak ada lagi label anak mantan narapidana di belahan bumi mana pun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.