Sukses

VIDEO: Saksi di Sidang Ke-5 Mengaku Bawa Bukti Beratkan Ahok

Sekretaris PP Muhammadiyah Pedri Kasman menyatakan membawa barang bukti dan keterangan yang memberatkan Ahok.

Liputan6.com, Jakarta - Lima saksi rencananya akan didengarkan keteranganya dalam sidang ke-5 kasus dugaan penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Salah seorang saksi, Sekretaris PP Muhammadiyah Pedri Kasman menyatakan membawa barang bukti dan keterangan yang memberatkan Ahok.

"Seperti yang tercantum dalam BAP, ada VCD yang berisi video lengkap saudara terdakwa. Ya, tentu saja dari Youtube. Itu videonya full satu jam empat puluh delapan menit sekian detik," kata Pedri.

Namun seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Selasa (10/1/2017), dari kesaksian Pedri tim kuasa hukum Ahok menyatakan adanya perbedaan dalam laporan BAP dan keterangan saksi di persidangan.

Apalagi belakangan diketahui Ahok dan PP Muhammadiyah memiliki kedekatan. Sehingga, seharusnya diadakan klarifikasi terlebih dulu sebelum membuat laporan ke polisi.

"Pak Ahok sering diajak diskusi ke Kantor Pemuda Muhammadiyah di Jalan Menteng. Bahkan saat itu mereka mendukung pak Ahok sebagai gubernur terbaik dan menjadi contoh model untuk pemuda Muhammadiyah kalau menjadi pemimpin," jelas kuasa hukum Ahok, Humprey R Djemat.

Sementara itu, seperti sidang-sidang sebelumnya, massa dari kelompok pendukung Ahok dan kelompok yang menuntut Ahok dihukum hadir di luar sidang. Sedangkan untuk mencegah kejadian tak diinginkan 2.000 polisi disiagakan di sekitar gedung sidang.

Simak tayangan video selengkapnya dalam tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.