Sukses

Kilas Pilkada: KPU Yogya Sosialisasi Pilkada Bagi Pemilih Difabel

Mendekati pelaksanaan pilkada masih banyak difabel Yogyakarta yang belum tahu banyak tentang pilkada.

Liputan6.com, Yogyakarta - KPU Kota Yogyakarta bersama relawan peduli pemilu menggelar pendidikan pemilih bagi kaum difabel di wilayah kota Yogyakarta. Berita ini mengawali Kilas Pilkada yang ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Rabu (25/1/2017).

Pendidikan bagi kaum difabel dilakukan karena hingga mendekati pelaksanaan pilkada masih banyak dari mereka yang belum tahu. Ini terjadi lantaran kurangnya akses informasi terhadap mereka.

Sementara itu, KPU Salatiga, Jawa Tengah sudah mulai mempersiapkan berbagai kebutuhan logistik pemilu. Mulai dari perbaikan kotak suara, membersihkan, menata surat suara hingga mengepak semua kebutuhan di tempat pemungutan suara (TPU).

Di Bandung, Jawa Barat, surat suara untuk Pilkada Serentak 2017 di Kota Cimahi ditemukan banyak yang rusak. Surat suara ditemukan robek maupun berlubang tepat di masing-masing nomor paslon wali kota dan wakil wali kota Cimahi.

Kini KPU Cimahi tengah menyelidiki kerusakan ini. Apakah ada unsur kesengajaan atau memang robek saat pelipatan di percetakan surat suara.

Di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, sebanyak 1.435 surat suara rusak ditemukan petugas saat proses penyortiran dan pelipatan surat suara. Kerusakan yang ditemukan antara lain robek, cetakan terpotong, dan sejumlah foto paslon warnanya buram.

Simak tayangan video selengkapnya dalam tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.