Sukses

VIDEO: KTT IORA Lahirkan Perjanjian Kerja Sama Jakarta Concord

Presiden Jokowi resmi menutup KTT IORA di JCC, Selasa 7 Maret 2017.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi resmi menutup Konferensi Tingkat Tinggi Asosiasi Negara Lingkar Samudera Hindia (KTT IORA) di Jakarta Convention Center (JCC), Selasa 7 Maret 2017. Menurut Jokowi, ada enam poin dalam Jakarta Concord yang disetujui 21 negara anggota IORA.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Rabu (8/7/2017), poin tersebut yaitu penguatan keamanan dan keselamatan maritim, peningkatan kerja sama perdagangan dan investasi, serta pengembangan dan pengelolaan perikanan. Selain itu pengelolaan risiko bencana, kerja sama akademik, dan ilmu pengetahuan serta memajukan kerja sama di bidang pariwisata.

Tak hanya itu, sejumlah poin tambahan juga menjadi perhatian KTT IORA. Di antaranya mengenai blue economy, pemberdayaan wanita, demokrasi, pemberantasan korupsi, dan hak asasi manusia.

"Para pemimpinnya juga memiliki komitmen dengan tinggi untuk menghormati hukum internasional, termasuk Punclos 1982 yang kita sebut sebagai konstitusi untuk mengatur samudra. Kondisi Samudera Hindia yang aman dan damai menjadi cipta dasar di bidang-bidang lainnya," ujar Jokowi.

Saksikan penutupan KTT IORA oleh Presiden Jokowi berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.