Sukses

VIDEO: Kuota Berkurang, Ribuan Calon Jemaah Bogor Gagal Umrah

Jemaah calon umrah meminta pengelola biro perjalanan segera menjadwalkan keberangkatan, karena pembiayaan telah dilunasi.

Liputan6.com, Bogor - Lantaran keberangkatannya ke Tanah Suci, Mekah tertunda, ratusan jemaah yang mewakili lebih dari seribu calon jemaah menuntut kepastian pengelola biro perjalanan haji dan umrah, Hannien Tour di Kompleks Ruko di Jalan Tegar, Cibinong, Bogor, Jawa Barat.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Rabu (26/4/2017), mereka meminta pengelola biro perjalanan segera menjadwalkan keberangkatan, karena dari segi pembiayaan telah lunasi para calon jemaah.

Sebagian besar yang mendaftar pada Oktober 2016 lalu, seharusnya dijadwalkan berangkat pada Januari 2017. Namun hingga April ini, calon jemaah tak kunjung mendapat kabar dari pihak biro perjalanan. 

Sementara itu, pihak pengelola perjalanan Hannien Tour menyatakan, kondisi ini terjadi karena adanya perubahan kuota yang mereka terima hingga 20 persen. Meski demikian, mereka berjanji akan memberangkatkan para calon jemaah ke Tanah Suci.

"Pertama kami mohon maaf sedalam-dalamnya atas kejadian ini. Kami juga berkomitmen untuk bisa memberangkatkan jemaah," kata Dirut Hannien Tour Fariz Rosidin.

Hal serupa pernah juga terjadi di Biro Perjalanan Haji dan Umrah di kawasan TB Simatupang, Jakarta Selatan.

Ratusan calon jemaah yang rata-rata telah membayar penuh biaya perjalanan menuntut kepastian dari pengelola untuk diberangkatkan ke Tanah Suci.

Belakangan pengelola biro perjalanan membantah adanya pembatalan keberangkatan karena kendala visa dari kedutaan besar Arab Saudi.

Saksikan video ratusan jemaah yang menuntut keberangkatan ke Tanah Suci di Bogor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.