Sukses

HMI Tangerang - Mahasiswa Unis Terlibat Bentrok

Bentrokan dipicu penolakan kegiatan HMI Tangerang yang ingin menggelar pelantikan pengurus serta diskusi politik di kampus Unis.

Liputan6.com, Tangerang - Aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) terlibat bentrok dengan ratusan mahasiswa Universitas Islam Syekh Yusuf (Unis) Kota Tangerang, Banten, Jumat sore. Bentrokan dipicu oleh penolakan kegiatan HMI Cabang Tangerang yang ingin menggelar pelantikan pengurus serta diskusi politik di Kampus Unis.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Jumat (19/5/2017), polisi pun tampak kesulitan menahan kedua kubu yang bersitegang.

Menurut mahasiswa Unis, kegiatan eksternal kampus bertentangan dengan Surat Keputusan Dikti Nomor 26 Tahun 2002 tentang Pelarangan Organisasi Ekstra Kampus dan Partai Politik dalam Kehidupan Kampus.

Terlebih, kegiatan HMI tersebut belum mendapatkan izin dari organisasi internal kampus, dalam hal ini Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) Unis.

"Kami dari Keluarga Besar Mahasiswa Unis menolak keras adanya acara organisasi eksternal tanpa adanya persetujuan," ujar Jubir KBM Unis, Bagas.

Akibat penolakan ini, rangkaian kegiatan HMI yang rencananya akan dikukuhkan Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah batal dilaksanakan.

Saksikan video bentrok HMI Tangerang dengan mahasiswa Unis selengkapnya berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.