Sukses

Kilas Indonesia: Abu Vulkanik Penyebab Warga Jambi Terserang ISPA

Diperkirakan jumlah penderita ISPA akan semakin bertambah karena aktivitas Gunung Kerinci masih tinggi.

Liputan6.com, Kediri - Warga berdesak-desakan berebut paket sembako murah. Berita ini mengawali Kilas Indonesia yang ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Selasa (7/6/2016).

Warga Kediri, Jawa Timur, berdesak-desakan rebutan sembako di operasi pasar yang diselenggarakan pemerintah Provinsi Jawa Timur. Warga yang mayoritas ibu rumah tangga ini sulit diatur, sehingga penyelenggara terpaksa menurunkan Satpol PP untuk mengatur antrean.

Sementara itu, di Jambi, abu vulkanik yang terus disemburkan Gunung Kerinci mulai menimbulkan dampak terhadap warga yang tinggal di kaki gunung. Enam puluh satu warga yang kebanyakan anak-anak dan 11 bayi terjangkit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). Diperkirakan jumlah penderita ISPA akan semakin bertambah karena aktivitas Gunung Kerinci masih tinggi.

Di Tasikmalaya, Jawa Barat, bayi kembar siam berusia 2,5 tahun, Alputri Anugrah dan Alputri Dewiningsih akan diperiksa Dinas Kesehatan setempat. Diperkirakan proses pemisahan bayi kembar siam akan berlangsung lama serta harus ditunjang sarana lengkap serta dokter-dokter ahli di bidangnya.

Di Sidoarjo, Jawa Timur, rob menerjang ratusan hektare tambak warga dan menggenangi jalan desa. Selain itu, ribuan ekor bandeng siap panen milik petambak hilang karena hanyut terbawa arus air pasang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.