Sukses

VIDEO: Festival Memedi Jaga Satwa Burung dari Perburuan Liar

Festival memedi sawah ini digelar untuk mengajak warga agar menjaga satwa burung dari perburuan liar dan membangkitkan kembali tradisi.

Liputan6.com, Magelang - Festival memedi sawah untuk pertama kalinya digelar di Magelang, Jawa Tengah. Puluhan boneka pengusir burung di sawah atau memedi sawah diarak ratusan warga dari seluruh dusun di Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (29/5/2016), warga pun tumpah ruah memenuhi jalan utama desa yang digunakan untuk jalur kirab budaya. Tak hanya warga setempat, warga dari daerah lain hingga mancanegara pun datang menonton.

Memedi sawah diarak dari terminal Candi Borobudur menuju area persawahan di desa Wanurejo sejauh 3 kilometer. Memedi sawah tersebut kemudian ditanam di tengah persawahan.

Sejumlah komunitas seni dan budayawan juga menampilkan kebolehannya.

Festival memedi sawah ini digelar untuk mengajak warga agar menjaga satwa burung dari perburuan liar dan membangkitkan kembali tradisi yang kini telah tertinggal dengan kemajuan zaman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.