Sukses

VIDEO: Padusan, Tradisi Menyucikan Diri Songsong Ramadan

Tradisi tahunan itu dilakukan warga untuk membersihkan diri dari segala kotoran di badan.

Liputan6.com, Klaten - Warga Yogyakarta ramai berdatangan ke sejumlah kolam renang. Hal itu seperti terlihat di Kolam Renang Umbangtirto di Kompleks Stadion Kridosono.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Minggu (5/6/2016), tujuan warga Yogyakarta tersebut bukan sekadar ingin berenang. Mereka melakukan tradisi Padusan atau mandi besar sebagai bentuk penyucian diri menyambut bulan suci Ramadan.

Pada masa lalu, Padusan biasanya dilakukan di sungai atau sumber air lain. Namun, karena saat ini sumber air tidak mudah ditemui, warga melakukan Padusan di kolam renang. 

Sementara di Air Terjun Lepo di Kecamatan Dlingo, Bantul, musik thekthek menyambut kedatangan pengunjung yang datang untuk melakukan Padusan. Pengunjung bisa sekaligus menikmati air terjun dan kolam di sini.

Bonus pun menanti seusai Padusan. Pengunjung diberi kue apem yang baru dimasak.

Di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, ratusan warga Desa Hariang, Kecamatan Buah Dua, menggelar tradisi mandi bersama di Danau Biru Cilembang. Tradisi tahunan itu juga dilakukan warga untuk membersihkan diri dari segala kotoran di badan jelang Ramadan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.